Mensukseskan Program TMMD 110/Natuna, Babinsa Lakukan Giat Sosialisasi Geopark Natuna

BeritaQ.com Natuna – Kegiatan Babinsa Desa Tanjung Sertu Yudi Teguh Koramil 01/Ranai Dim 0318/Natuna melaksanakan Giat Sosialisasi GEOPARK NATUNA di SMPN I Bunguran Timur Laut dalam Rangka mensukseskan program TMMD ke – 110 KODIM 0318/NATUNA, Rabu (10/03/2021).

Tujuan menyampaikan kepada para siswa tentang kegiatan TMMD ke 110 yang diselenggarakan oleh Kodim 0318/Natuna, agar para siswa mengerti apa yang di maksud dengan TMMD dan apa tujuannya TMMD,sehingga para siswa tidak asing lagi dengan yang namanya TMMD dan apa – apa saja programnya.

Babinsa juga menyampaikan kegiatan – Kegiatan yang di lakukan dalam TMMD baik kegiatan Fisik dano non Fisik, kegiatano fisiknya yaitu pembuatan jalan baru/jalan penghubung dari Dusun Sebayar Desa Sungai Ulu kec.Bunguran Timur sampai Desa Selemam kec.Bunguran Timur Laut. kemudian kegiatan non fisik salah satunya Sosialisasi GEOPARK Natuna oleh para Babinsa kepada Anak – Anak Siswa SMP dan SMA/SMK se- kab.Natuna.

Turut hadir dalam kegiatan Ibu Sarah S.Pdi Guru PAI, Bapak Tasrif S.Pd Guru PPKN, Bapak Rusnadi Operator Sekolah, dan 20 orang siswa-siswi SMKN I BTL.

Sosialisasi ini Babinsa mengenalkan kepada siswa tentang Geopark Nasional serta memberi pemahaman akan pentingnya warisan geologi (geoheritage) dengan keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodiversity) dan keragaman budaya (culturediversity).

Bebatuan yang ada di geosite Natuna merupakan Kerak Benua, yaitu Tanjung Senubing dan Goa Kamak sedangkan Kerak Samudra adalah Pulau Setanau dan Pulau akar yang merupakan bebatuan yang paling tua umurnya di antara batu-batu Geosite yang lainnya yang ada di Kabupaten Natuna jenis Batuannya Lava Basalt umurnya diperkirakan -+ 188 – 144 juta tahun yang lalu.

Untuk itu Babinsa mengajak para siswa untuk senantiasa menjaga kelestarian dan keaslian lokasi Geopark dengan cara seperti tidak membuang sampah sembarangan, menebang pohon lindung, menghancurkan bebatuan, menangkap atau memburu satwa liar terutama primata endemik Natuna, tidak mencemari air laut, dan menjaga kelestarian budaya asli daerah serta ikut membantu memviralkan keindahan alam Natuna melalui medsos.

Harapan Babinsa dengan adanya sosialisasi ini para siswa selaku generasi muda agar lebih peduli lagi terhadap bumi dan alam sekitar  terutama keragaman geologi,hayati dan Budaya,sehingga kedepanya Geopark Natuna diakui oleh dunia internasional dan di nobatkan sebagai UNESCO Global Geopark. (ist)

[irp]
[irp]
error: Content is protected !!