Makassar, dnid.co.id — Pelayanan di Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Makassar 1, Sulawesi Selatan, dikeluhkan sejumlah warga karena dinilai lambat dan berbelit-belit. Proses pembayaran pajak disebut harus melewati terlalu banyak loket, sehingga membuat warga bolak-balik tanpa efisiensi.
Keluhan ini datang dari hampir semua warga yang datang membayar pajak di Samsat Makassar 1, Jalan AP Pettarani, Makassar.
“Sangat berbelit-belit caranya. Kita harus menyetor berkas dari loket satu ke loket lainnya, padahal loketnya berdampingan. Seharusnya bisa langsung dioper ke staf sebelahnya,” keluh Fadly (32), salah satu wajib pajak, Jumat (31/10/2025).
Menurutnya, proses pembayaran juga memakan waktu lama. Kurangnya fasilitas seperti kursi tunggu dan sistem antrean menambah ketidaknyamanan warga.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Tidak ada nomor antrean, jadi mau tidak mau kita berdiri dekat loket. Kursi tunggu juga penuh. Mereka panggil nama pakai mic karaoke, suaranya kecil, jadi banyak yang tidak dengar,” ujarnya.
Fadly juga menyoroti sikap salah satu staf yang disebut arogan terhadap warga yang hendak membayar pajak.
“Kami datang mau bayar pajak, tapi malah diperlakukan seperti itu,” tandasnya.
Keluhan serupa disampaikan Angkasi (67), warga lain yang merasa kesulitan karena harus berpindah dari satu loket ke loket lainnya.
“Saya sudah tua, tapi masih disuruh bolak-balik antar loket. Padahal jaraknya bersebelahan,” ucapnya.
Saat dikonfirmasi, Kanit Regident Samsat Makassar 1 menyarankan agar konfirmasi dilakukan langsung ke bagian pelayanan.
“Tabe bisaki konfirmasi langsung ke Bu Kasi Pelayanan,” ujarnya singkat.
Sementara itu, hingga berita ini diterbitkan, Kasi Pelayanan Samsat Makassar 1 belum memberikan tanggapan terkait keluhan warga tersebut.
Penulis : Dito
Editor : Admin





























