BeritaQ.com, Surabaya – Pada bulan November 2019, unit kerja Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur mendapatkan predikat ZI-WBK sebagai wujud komitmen jajaran pimpinan dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Predikat ZI – WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) yang telah kami terima menyemangati kami untuk terus mempertahankan integritas dan akuntabilitas, berkinerja lebih efektif dan efesien, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Selasa (17/11/20)
Berdasarkan PermenPANRB No. 60 Th. 2012 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di Lingkungan K/L dan Pemerintah Daerah, Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) adalah Sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang mempunyai syarat indikator hasil WBBM dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya.
Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd menyampaikan bahwa Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat bagi kami untuk mengelola program Bangga Kencana di Jawa Timur. Karena sejak Februari sampai dengan saat ini masih dihadapkan pada Pandemi Covid-19. Meskipun demikian, kami tidak patah semangat. Selain kita harus mempertahankan prestasi yang telah kami raih, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus bahu-membahu bersama mitra kerja terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayan kepada masyarakat Jawa Timur.
Berbagai program terobosan/inovasi yang kami lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Bangga Kencana kepada masyarakat Jawa Timur, antara lain:
Bidang Pelayanan KSPK
www.siapbahagia.com
Bidang Pelayanan KB-KR
Wisata KB
Pelayanan Cegah Putus Pakai KB
Bidang Pelayanan Penduk
POPinfo Jatim
Bidang Pelayanan ADPIN
SIAP KB
CoC
Ngoper Kanan
Bidang Pelayanan Pelatihan dan Pengembangan
Studio e-Learning
Sekolah e-RB
Bidang Pelayanan Kesekertaritan/Dukungan manajemen
Presensi Online
SIAWAS
SIJAKA
SUPALA
“Tanpa mengecilkan inovasi lainnya, siapbahagia.com dan Wisata KB merupakan inovasi yang kami andalkan. Karena langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya di era New Normal”, tutur Teguh.
Dari terobosoan yang kami lakukan tersebut, telah menunjukkan hasil yang signifikan, antara lain: Berdasarkan data SR bulan September 2020, CPR T 65,24 R 75,74
CPR MKJP T 24,79% R 28,69 % (bahkan selama momentum WCD agustus-september, realisasi capain target MKJP sebesar 120%).
DO KB T 26,82% R11,98%
Jumlah Keluarga yang menjangkau pelayanan informasi dan Konseling melalui layanan siapbahagia.com sebanyak 6.824 keluarga.
Kepuasan terhadap pelayanan Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, selama pandemi 95% menyatakan bahwa Pelayanan yang diberikan Perw BKKBN Jatim 95% Istimewa (sumber: Aplikasi SIPALA).
Juara I Tingkat Nasional ADPIN AWARD Kategori Lini Lapangan.
Semangat kami adalah mempertahankan apa yang telah Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur peroleh yaitu ZI-WBK, seraya terus berupaya keras untuk mencapai yang lebih baik yaitu ZI-WBBM. Selain itu mewakil Mitra Kerja, yaitu: Pengelola RSUD Sogaten-Madiun, Media, Koalisi Kependudukan dan IBI. (AD1/Hum)